Sejarah Singkat SMAN 3 Karimun

Print PDF
SMA NEGERI 3 KARIMUN
Jalan Letjen Suprapto Parit Benut, Meral, Karimun
Telp. 0777-7000900 e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
----------------------------------------------------------------------
(Dari berbagai sumber: M. Rasyid Nur)
SMA Negeri 3 Karimun mulai beroperasi pada Tahun Pelajaran (TP) 2001/2002. Pada awalnya sebagai 'kelas jauh' SMA Negeri 1 Karimun karena belum memiliki gedung sendiri. Belajarnya waktu itu sore, di gedung SMA Negeri 1 Karimun. Para guru, sebagian adalah guru honor (non PNS) antara lain Yulius, Heri Hariono, Iwan, dll. Guru negeri baru satu orang yang merangkap sebagai Plt (Pelaksana Tugas) Kepala Sekolah yakni Dra. Heni Riawati (Ibu Pab). Juga dibantu oleh beberapa orang guru SMA Negeri 1 sendiri. Pada tahun pertama itu jumlah siswanya sebanyak 48 orang, untuk satu rombel (rombongan belajar).

Memasuki tahun ke-2 (TP 2002/ 2003) proses belajar- mengajar mulai menggunakan gedung sendiri yang berlokasi di Parit Benut, Kelurahan Sungai Raya, Kecamatan Meral, Karimun (seperti sekarang). Dengan enam ruang kelas belajar (RKB) yang dibangun pemerintah di tahap awal ini, ditambah satu gedung untuk ruang guru, ruang TU dan ruang Kepala Sekolah, SMA Negeri 3 Karimun mulai beroperasi secara normal. Belajarnya pun mulai di pagi hari, sebagaimana mestinya. Kepala Sekolah dan majelis guru bahu-membahu bekerjasama membenahi sekoloah baru ini. Dan satu demi satu guru negeri (PNS) diangkat pemerintah untuk menjadi guru dan pegawai TU (Tata Usaha).


Saat ini (TP 2008/ 2009), dalam usianya yang sudah 8 (delapan) tahun, sekolah ini sudah memiliki 10 rombel siswa dengan 10 RKB, satu Perpustakaan, satu Laboratorium Fisika, Musolla serta pendukung lainnya. Kepala Sekolah yang telah memimpin sekolah ini juga sudah berganti sampai tiga orang. Setelah Ibu Pab, sekolah negeri satu-satunya di Kecamatan Meral ini diterajui oleh Riady, SPd kurang lebih satu tahun, hingga tahun 2007. Kemudian pada Januari 2008 kepemimpinan sekolah ini pun berganti kepada Drs. H.M. Rasyid Nur, MM yang sebelumnya menjadi Kepala Sekolah di SMA Negeri 2 Karimun.


Jumlah siswa pada TP. 2008/ 2009 ini, ada sebanyak 395 orang siswa (masing-masing 4 rombel kelas X, 3 rombel kelas XI dan 3 rombel kelas XII). Jumlah guru sebanyak 24 orang . Belum semuanya pegawai negeri. Sebanyak tujuh orang guru masih berstatus honorer atau GTT (Guru Tak Tetap) dengan mengandalkan honor insentif dan Pemerintah dan tamabahan honor dari orang tua siswa (Komite Sekolah). Tenaga administrasi (Pegawai Tata Usaha) berjumlah tujuh orang dengan empat orang diantaranya PTT (Pegawai Tak Tetap) alias pegawai honorer.
Di bawah kepemimpinan yang baru baru bertugas setengah tahun ini, sekolah ini mencoba terus berbenah diri, berusaha membangun/ mengadakan sarana prasarana yang belum ada, baik mengusulkan ke Pemerintah maupun dengan bekerjasama dengan orang tua siswa. Tiang bendera utama (di halaman depan) yang belum juga ada sampai akhir tahun 2007, segera diadakan. Telpon yang meskipun jaringan telpon kabel belum sampai ke lokasi sekolah, juga diusahakan dengan memasang pesawat telpon flexi. Sampai akhir tahun 2007 itu sekolah ini memang belum memiliki fasilitas pokok seperti tiang bendera depan, telpon, dan beberapa fasilitas lainnya.
Untuk lebih memudahkan komunikasi pasca telpon (flexi) masuk, sekolah juga berpikir untuk measukkan jaringan internet. Sekolah juga memutuskan untuk membuat website sekolah meskipun jaringan internet belum sampai ke sekolah. Situs ini diharapkan dapat lebih mendekatkan sekolah dengan orang tua dan masyarakat pada umumnya. Dan dengan meminta bantuan seorang teman yang berkompeten di bidang IT (Information Teknology) diputuskan untuk membuat website sekolah.
Pada bulan April 2008 adalah awal website www.sman3-tbk.sch.id mulai dibangun. Namun karena usaha memasukkan jaringan telpon kabel ke sekolah tidak/ belum terwujud, kelanjutan pembangunan/ pembuatan website sekolah ini terhenti. Baru pada bulan Oktober kembali dibenahi dengan tampilan baru walaupun jaringan internet juga belum ada. Dan website yang saat ini dapat diakses adalah website yang diualng bikin sejak Oktober itu.

 


Share
 

Sambutan Kepala Sekolah

Pagi, 19 April 2008, adalah awal website SMA Negeri 3 Karimun muncul. Meski sudah online tentu saja --saat ini-- masih kosong karena masih dalam tahap membangunnya (under construction).

Login Form



Who's Online

We have 2 guests online

User Menu



You are here: Home Profil Sejarah Singkat