BERPERILAKU JUJUR

E-mail Print PDF

KARYA   :   RAMDANI ATIKA

KELAS    :   XI IPS 2

Jujur adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam kehidupan karena kejujuran akan mempengaruhi sikap seseorang dalam bertindak. sebagai pelajar,kita harus memiliki sikap yang jujur supaya dijadikan acuan untuk memperbaiki akhlak .sikap jujur harus berawal dari diri sendiri karena jika kita mempunyai sikap jujur , kita akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya . terutama dari segi kehidupan sosial . dengan kejujuran kita sebagai pelajar akan lebih dihargai dan dipercaya oleh orang lain karena kita mempunyai sikap jujur .

 

Untuk bersikap jujur kita harus merubah pola kehidupan kita sebagai pelajar. Memang sulit sebagian pelajar  untuk belajar  berubah dan berperilaku jujur. Disisi lain, kita tidak bisa menggerutu dan menyesali dunia. Kita pun diharapkan untuk tidak membandingkan zaman, dengan menyampaikan “wah, zaman dulu lebih enak dari sekarang”. Justru ini adalah cara Tuhan meningkatkan kualitas Iman, Ihsan, dan Islam seseorang. Menghadapi zaman yang selalu berubah adalah cara kita untuk merubah diri menuju tangga berikutnya, sehingga anak tangga yang sangat banyak dapat kita taklukkan sampai pada pucak tertinggi.

Menurut  Prof. Zaini Dahlan menyampaikan bahwa “hiduplah seperti air mengalir”. Kemudian lebih disederhanakan oleh Dr. Janan Asiffuddin bahwa “hidup seperti air mengalir” itu bukan berarti hidup lurus dan monoton. Hiduplah bagaikan air mengalir, jika ada bebatuan dan rintangan yang menghalang, maka hadapi dengan mencari jalan lain untuk selalu mengalir. Kemudian mengambil jalan lain pun harus mencari jalan aspal yang sehalus mungkin, aspal yang sebaik mungkin, aspal yang matang sehingga tidak akan pernah rusak lagi jalannya. Jangan sampai mengambil jalan yang kasar, yang tidak baik, atau jalan yang berlobang .

Sebagai pelajar tidak ada hambatan untuk berubah dan berlaku jujur , asalkan kita memiliki keyakinan diri serta membiasakan diri untuk itu semua. Dalam hal lain dimisalkan bahwa perubahan , bak kita membangun rumah secara bertahap. Adakalanya sebuah rumah tidak dirubah secara keseluruhan. Tidak dibongkar rata dengan tanah lalu dibangun kembali yang baru. Memang secara sepintas hal tersebut dibenarkan. Tetapi, apabila kita lihat dan telusuri lebih mendalam bahwa sebuah rumah lama, ada bahan-bahan bangunan yang dapat kita manfaatkan kembali untuk membangun rumah kita yang baru. Atau setidaknya, walaupun bangunan rumah dibongkar rata dan tidak kita manfaatkan kembali sisa bangunanya, minimal barang-barang yang terdapat dalam rumah, kita amankan, kita jaga, kita lindungi, untuk kita manfaatkan selanjutnya di rumah baru kita.

 

Begitulah sama halnya dengan “perubahan” dalam diri seseorang. Seseorang dapat berubah menjadi baik, adakalanya tidak merubah total perbuatannya. Namun, ia menambahi perbuatan baiknya untuk mendapatkan kesempurnaan dalam perbuatan baiknya itu. untuk itu masih banyak kesempatan sebagai seorang pelajar untuk melakukan perubahan ,apa lagi ujian semester ganjil tinggal seminggu lagi , diharapkan perubahan itu akan terjadi untuk kita semua . menjauhkan dari hal yang buruk-buruk seperti mencontek , merubah kebiasan untuk tidak mencontek sangat susah akan tetapi kita harus mencoba merubah pola hidup serta berprilaku jujur.

Share
Last Updated ( Thursday, 04 June 2015 08:17 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home