THINK AND ACTION IN YOUR LIFE

E-mail Print PDF

Manusia pada umumnya hanya mengandalkan apa yang ia miliki untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Terkadang tidak sedikit manusia sering merasa kurang dengan apa yang telah ia dapatkan dan karena hal itu manusia tersebut menjadi makhluk yang tidak punya dasar pendirian.

Setiap orang pasti bercita-cita mendapatkan dan memiliki  hal yang luar biasa yang tidak pernah seorang pun memilikinya. Tapi yang menjadi masalah adalah orang tersebut tidak tahu dengan cara apa untuk mendapatkan dan memiliki hal tersebut. Sehingga tidak heran jika apa yang ia cita-citakan sering kali kandas tak berujung.

Lalu bagaimana untuk mendapatkan semuanya itu ?

Apakah hidup hanya sebatas cita-cita ?

Atau ada hal yang lain ?

Dan dari manakah bisa memulai serta menemukan jawaban itu ?

“Coba anda baca ini dengan seksama”

Kita pasti tahu yang namanya” ayam”. Ayam itu hewan yang luar biasa menurut saya. Tahu kenapa ??? ? setiap pagi dengan semangat yang istiqomah selalu berkokok tepat pada waktunya tanpa harus disuruh. Ayam jantan maupun betina pasti butuh yang namanya makan dan ayam tidak pernah melewatkan yang namanya makan. Pergi lapar pulang kenyang, ada saja makanan yang ia makan setiap harinya. Ayam juga pernah berkembang biak dan tak pernah bisa melawan kodrat. Itulah sedikit mengenai ayam.

Lalu bagaimana dengan manusia ?

Jika dilihat secara umum kehidupan manusia tidak jauh berbeda dengan seekor ayam. Manusia bekerja, ayam juga bekerja. Manusia butuh makan ayam juga butuh makan. Manusia berkembag biak, ayam juga berkembang biak, dan masih banyak kesamaan lainnya.

“saya menuliskan hal diatas tidaklah sedikitpun merendahkan  martabat manusia. Satu hal yang harus pembaca renungkan adalah jika kehidupan yang dijalani hanya sebatas makan, tidur. Itu berarti nilai kehidupan yang kita dapatkan tidak lebih hanya sebatas seekor ayam.”

Realita kehidupan yang terjadi memang demikian adanya. Kebanyakan manusia ketika sudah menentukan sebuah pilihan hidup sering kali ia menjadikannya tujuan. Ini adalah hal yang keliru, karena ketika ia menjalani kehidupan hanya sebatas tujuan kelak ia akan jenuh dengan tujuan yang ia buat sendiri. Yang benar adalah jadikanlah kehidupan itu sebagai proses bukan tujuan. Dengan demikian akan banyak hal yang ia dapatkan diluar tujuannya itu.

Proses dan tujuan sangatlah berbeda. Berbicara proses ini merupakan sesuatu hal yang langsung berhubungan  dengan action (tindakan).  Sedangkan tujuan tidak lanngsung mengarah ke action(tindakan).  Inilah mengapa pentingnya kita memahami dan mengubah pola hidp dengan bnar sehingga tidak menimbulkan penyesalan. Akhir penilaian terhadap suatu pilihan hidup itu selalu diakhir tapi bukan berarti awal itu tidak penting, maka sangat perlu  mengawali dan mengakhiri pilihan itu dengan pertimbangan yang benar dan baik.

Dengan demikian mulailah menentukan hidup dengan pilihan menggunakan proses yang benar yakni berfikir dan bertindak.

Share
 

Login Form



User Menu


You are here: Home