MERINTIS KARIR SETELAH LULUS SMA

E-mail Print PDF

 

Taukah anda ada banyak sekali pilihan setelah lulus SMA. Ada yang lanjut keperguruan tinggi,ada yang berkerja,ada yang kuliah sambil bekerja,bahkan ada juga yang tamat SMA langsung nikah, semua itu adalah pilihan setiap individu, akan tetapi terkadang situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan hanya akan menekan dan memaksa diri kita untuk memperioritaskan salah satu diantara pilihan-pilihan yang ada. Nah disaat seperti inilah kita harus bersikap dewasa menghadapi persoalan tersebut mau kuliah, kerja atau nikah , hal ini akan tergantung dari banyak faktor.

 

Jika ingin melanjutkan kuliah jangan sampai kemampuan dibidang sosial malah mengambil jurusan dibidang ilmu alam, ya jelas nanti kita akan keteteran mengikuti perkuliahan, al hasil waktu kuliah yang kita tempuh akan jadi lebih lama, selain itu hasilnya juga kurang maksimal.Ukur kemampuan finansial kita , dengan kita mengetahui kemampuan finansial orangtua kita tentunya nanti kita tidak akan berhenti ditengah jalan, selain itu dengan kemampuan finansial yang pas-pasan tentunya akan mendorong kita untuk lebih berprestasi nantinya agar kita mendapatkan beasiswa.Keinginan yang kuat akan mendorong kita untuk menuju ke arhg yang ingin kita tuju asal jangan salah melangkah saja, jika kita bingung setelah lulus SMA mau kuliah dimana sedangkan ujian nasional sudah semakin dekat maka yang harus kita lakukan ialah berdoa kepada allah, sholat hajat minta petunjuk kepadanya setelah itu minta pendapat orang tua atau kerabat terdekat, lalu cari tau perkuliahan apa yang membuat kita menjadi orang yang sukses nantinya. Percayalah Man jadda wajada “siapa yang bersungguh-sungguh akan mendapatkan hasilnya”

Jika Tamat SMA mau kerja ada banyak sekali pilihan-pilihan pekerjaan yang ada diluar sana yang kita persiapkan hanyalah skil, jika ingin gaji besar ya kita harus memiliki skil yang tinggi, jika tidak memiliki skil yang tinggi akan susah untuk mencari pekerjaan, Tidak hanya siswa SMK saja yang banyak memilih bekerja setelah lulus. Tapi siswa SMA juga pasti ada yang memilih bekerja. Biasanya, alasan memilih bekerja adalah untuk membantu orang tua ataupun tidak ada biaya untuk melanjutkan pendidikan.jika merasa sudah memiliki pengalaman dalam bekerja kita bisa membuka usaha sendiri contohnya bekerja sebagai tukang jahit jika dikembangkan kita bisa menjadi disainer ternama. Semua itu adalah pilihan tinggal kitanya saja yang menjalankannya.

Jika tamat SMA memilih untuk nikah ya tidak masalah hanya saja ada banyak sekali pengalaman dankejadian-kejadian yang seharusnya dirasakan dimasa remaja terhalang karena kita harus tetap dirumah karna sudah kewajiban istri duduk dirumah,ngurus rumah bukan jalan-jalan layaknya remaja biasa,Ketahuilah perasaan orang tua kita. Mereka yang membesarkan kita dan menginginkan kita untuk menjadi seseorang yang sukses. Bahkan mereka berkerja keras untuk membiayai sekolah kita hingga lulus SMA. Namun mereka menjadi serba bingung ketika kita meminta menggelar resepsi pernikahan setelah lulus SMA.Menolak tidak mungkin karena kita ingin segera menghalalkan hubungan yang sudah terjalin lama. Namun untuk amat sangat berat karena mereka ingin melihat kitakuliah dulu dan bekerja  lalu menikmati hasil kerja keras kita Dan akhirnya kata “yasudahlah” keluar dari mulut mereka saat menikah muda sudah menjadi pilihan Kita.

Share
Last Updated ( Friday, 23 November 2018 10:10 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home