TIPS MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER

E-mail Print PDF

KARYA   :  VENY MELISA ARINDI

KELAS    :  XII IPA 1

Di zaman yang semakin canggih dan modern ini, kita semua dituntut untuk harus mengikuti perkembangan zaman tersebut. Seperti halnya dalam kecanggihan teknologi dan informasi. Semua hal harus sebisa mungkin dilakukan dengan cara online. Seperti contoh dalam hal belajar sampai ke ujian nasional sekali pun harus secara online atau berbasis computer. Kini, ujian nasional tidak menggunakan kertas lagi atau ujian tertulis. Banyak sekolah di Karimun ini yang sudah menganut ujian nasional berbasis computer atau yang sering kita singkat dengan UNBK. Nah, SMA Negeri 3 Karimun pun tak mau kalah dengan sekolah-sekolah lainnya yang sudah menganut sistem UNBK ini. Banyak upaya-upaya yang telah dilalui oleh pihak sekolah terutama bapak kepala sekolah kita Drs.Khairani untuk dapat tercapainya UNBK di sekolah bertamadun ini. Dan Alhamdulillah! Kini sekolah kami telah mendapat beberapa computer tambahan untuk menyukseskan terlaksananya UNBK tahun ini.

Tapi, bagi para murid yang masih canggung dan belum terampil dalam menggunakan computer atau bahkan dijuluki sebagai “gaptek”. UNBK ini akan menjadi “momok” yang menakutkan bagi mereka. Sebagian murid berpendapat bahwa jika ujian berbasis computer ini sulit. Dan hal itu membuat para guru menjadi heran dan menganggap pendapat itu tidaklah benar adanya. Bagi para guru, UNBK itu asik! Ya, karena dengan UNBK ini kita tidak mubazir atau buang-buang kertas. Dan hal ini dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Selain itu juga, UNBK itu simple, tidak perlu susah untuk mengerjakan. Begitu selesai langsung kirim dan murid pun dipersilahkan untuk pulang. Sebenarnya apa yang membuat sebagian murid takut untuk menghadapi UNBK ini? Entahlah, hanya mereka sendiri yang mengerti. Tapi, kita sebagai murid yang hendak menghadapi hal tersebut, baik siap maupun tidak, kita harus tetap mempersiapkan diri. Lalu apa tips untuk menghadapi UNBK tersebut?

Pertama, hal yang harus kita lakukan dari sekarang adalah mengadaptasi diri dengan computer. Namanya UN online, pastinya dilaksanakan dengan computer toh!. Oleh sebab itu kita harus mulai belajar menguasai computer agar pada saat ujian nanti kita lebih leluasa untuk mengerjakan. Adapun hal yang harus dikuasai seperti cara login, dan memahami istilah computer. Kedua, buatlah rencana studi mulai sekarang, untuk dua minggu kedepan. Seperti mengatur jadwal belajar. Karena jika hari sudah dekat menjelang ujian dan kita baru mulai ingin belajar, maka hal itu akan sia-sia. Kita ini manusia bukan robot!. Ketiga, persiapkan waktu untuk mengulang kembali setiap pelajaran sekolah yang akan diujikan. Bukan pelajaran yang sekarang di pelajari saja. Tetapi pelajaran mulai dari kelas 10 dan 11 juga harus diulang-ulang kembali.

Keempat, pengulangan pelajaran kembali dilakukan setiap hari.karena kita akan berhasil dan sukses dengan rajin mengulang dan berlatih. Dan saat kita mengulang pelajaran, kita dapat menjawab pertanyaan dan ringkasan dari topic pelajaran terkait. Dan kita bisa membuat latihan yang sempurna. Kelima, pelajaran yang diulang tiap hari juga harus berganti-berganti. Tidak hanya satu pelajaran saja yang terus dipelajari. Namun pelajaran yang lain juga harus di ulang-ulang kembali. “makhlum, yang namanya manusia tempatnya lupa dan khilaf.hehe”.  keenam, latihlah menjawab pertanyaan dari soal-soal ujian sebelumnya (yang pernah diujikan). Perhatikan baik-baik soal tersebut. Dimanakah letak kesalahan kita. Perbaiki dan pelajari dengan teliti. Tak jarang juga terkadang soal-soal ujian sama persis dengan soal-soal ujian yang sebelumnya.

Ketujuh, istirahat sejenak sekitar 15 menit. Bukankah kita manusia biasa yang membutuhkan istirahat dan refreshing? Nah, kita bisa tidur sejenak atau memandang pemandangan diluar ruangan dan lain sebagainya. Karena otak kita harus diistirahatkan sejenak.  Kemudian yang kedelapan, setiap hari berolahraga minimal 30 menit, seperti jogging, berenang atau bersepeda sebentar. Kita akan merasa segar kembali. Ini akan membantu meringankan beban di otak kita yang tercinta ini.  Terakhir yang kesembilan (akhirnya kelar juga artikel ini ye, hehe) yaitu siswa butuh energy untuk mengerjakan ujian yang terbaik, konsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayur hijau dan buah sangat penting untuk tingkatkan konsentrasi. Sekian tips-tips dalam menghadapi UNBK dari penulis semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca yang sudi membaca artikel ini. Ayo, semangat dalam belajar dan meraih cita-cita agar kita dapat disayang Allah SWT dan Rasul-Nya yang tercinta dan kelak dapat membanggakan orang tua serta dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Aamiin ya robbal’alamin!. Sekian dan terima kasih. Byebye!.

Share
 

Login Form



User Menu


You are here: Home