BULAN BAHASA

E-mail Print PDF

KARYA   : HILDA

KELAS    : XII IPA 1

Pada pagi hari Senin tanggal 29 Oktober 2018 dimulai dengan upacara bendera seperti yang biasanya dilakukan pada setiap Senin pagi. Pada hari itu yang menjadi petugasnya ialah kelas X MIPA 2. Pembina upacaranya dari luar bukan guru-guru SMA Negeri 3 Karimun. Upacara berjalan dengan lancar. Setelah upacara selesai, semua murid bubar menuju kelasnya masing-masing, dan ada juga yang ke kantin. Tetapi, khusus kelas XII IPA 2 dan anggota OSIS diharuskan untuk mempersiapkan acara tersebut. Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan belajar mengajar. Yang dimana seluruh  murid yang tidak berkepentingan diharuskan untuk mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya. Tetapi, yang mengikuti acara tersebut diizinkan untuk tidak ikut kegiatan belajar.

Acara ini diselenggarakan di lapangan SMA Negeri 3 Karimun untuk memperingati Bulan Bahasa yang bertemakan “Menyalurkan Kreativitas dan Memperkaya Pengetahuan Peserta Didik dalam Bidang Kebahasaan dan Kesusastraan”. Semua warga sekolah sangat menyukai acara tersebut walaupun acara ini dilakukan pada saat jam pelajaran. Acara ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti: kata-kata, ejaan yang benar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengetahuan-pengetahuan yang mungkin belum banyak orang ketahui, puisi-puisi, peribahasa-peribahasa, ada tempat untuk berfoto, ada band yang dimana alat musiknya dibuat dengan sangat sederhana, dan fasilitas yang lainnya.

Acara ini diawali dengan nyanyian-nyanyian  dari berbagai genre. Tidak hanya nyanyian saja, acara ini diselingi dengan pembacaan puisi. Yang membacakannya ialah salah satu siswi kelas X MIPA 1 yang menang dalam lomba membaca puisi. Pada saat itu juga warga SMA Negeri 3 Karimun sibuk berfoto-foto karena telah ada tempat untuk berfoto yang telah disediakan. Berfoto dengan fasilitas foto seperti payung-payung dan lain sebagainya. Mereka semua sibuk berebut untuk berfoto karena tidak ingin ketinggalan momen tersebut.

Ketika sedang asyik berfoto-foto, guru-guru memberitahukan untuk berkumpul di lapangan SMA Negeri 3 Karimun untuk merayakan ulang tahun Kepala SMA Negeri 3 Karimun yang ke-52 tahun. Kepala sekolah pun keluar dari ruangannya karena mendengar nyanyian-nyanyian tersebut dan ada yang memberitahu beliau untuk keluar merayakan ulang tahun beliau. Terlihat kebahagiaan dari raut wajah beliau ketika mendapatkan kejutan yang tidak terduga dari guru-guru dan siswa-siswi SMA Negeri 3 Karimun. Acara berjalan dengan sangat meriah. Suapan pertama diberikan oleh Pak Suhaimi selaku Pembina OSIS SMA Negeri 3 Karimun, dan suapan kedua diberikan oleh Dini selaku Ketua OSIS SMA Negeri 3 Karimun. Setelah suap-suapan selesai, guru-guru melakukan foto bersama dengan Kepala Sekolah. Setelah selesai melakukan foto-foto, semua siswa yang tidak bersangkutan dalam acara tersebut diharuskan untuk memasuki ruangannya masing-masing untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar.

Kemudian, semuanya memasuki kelasnya masing-masing, acara tetap berlangsung. Tak terasa hari sudah semakin siang, matahari tepat di atas kepala. Waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 WIB. Waktunya istirahat dam sholat. Setelah sholat dan waktu istirahat selesai, acara tetap berlangsung. Yang dimana  acara selanjutnya diisi oleh kelas XII IPA 1. Pada saat itu pelajaran Bahasa Indonesia. Kami semua disuruh untuk membaca puisi di lapangan. Puisi yang dibacakan itu adalah puisi karangan sendiri yang bertemakan tentang guru. Tidak semua anggota kelas XII IPA 1 membacakan puisinya. Dikarenakan waktunya tidak cukup, jadi hanya beberapa orang saja yang membacakan puisi buatannya.

Setelah pembacaan puisi selesai, kami semua siswa-siswi kelas XII IPA 1 membereskan alat-alat acara yang telah dilaksanakan tadi. Setelah itu melanjutkan pelajaran selanjutnya. Beberapa jam kemudian, waktu menujukkan pukul 14.45 WIB, waktunya untuk pulang ke rumah masing-masing.

Share
 

Login Form



User Menu


You are here: Home