Bersama Pasti Bisa: Mengelola Web Sekolah

E-mail Print PDF

TENTANG website sekolah, itu memang penting. Semuanya sepakat, memang penting. Dari Kepala Sekolah hingga ke siswa tidak akan ada yang menganggap website sekolah itu tidak berguna. Sebagai informasi sekolah ke warga sekolah dan atau ke warga masyarakat pada umumnya, itu kegunaan utamanya. Jadi, memang penting keberadaannya.

Masalahnya adalah dalam pengelolaannya. Siapa yang mau dengan suka-rela dan gigih mengelolanya. Suka-rela? Nah, jika disebuta suka-rela artinya para pengelola benar-benar bekerja dengan ikhlas tanpa pamrih. Apa ada? Inilah kendala utama dalam mengurus dan menjadikan website sekolah bertahan.

Pertama, ketika akan membuatnya. Ini sudah mulai ada masalah. Pro-kontra akan perlunya website sekolah pasti akan ada. Walaupun dunia hari ini sudah tidak bisa lagi menghindari IT, internet, dan yang mengiringinya, tetap saja masih ada warga sekolah yang belum setuju akan keberadaan website sekolah. Dan jika Kepala Sekolah berani memutuskan perlunya website sekolah, akan muncul kendala kedua: pengelola.

Di sinilah perlunya kekompakan warga sekolah. Di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah dan --boleh jadi didelegasikan-- Wakasek dan atau Guru IT, pengelolaan website sekolah akan tetap bisa. Syukur-syukur Kepala Sekolah bisa menganggarkan dana sekolah untuk pengelolaan website sekolah. Jika tidak bisa menghargai dengan uang, bisa juga dalam bentuk lain.

Intinya, jika warga sekolah berperinsip 'bersama kita bisa' maka semua urusan sekolah akan bisa disukseskan, termasuk pengelolaan website sekolah. Ayo, warga sekolah SMA Negeri 3 Karimun, amri kita kelola website sekolah kita yang sudah ada sejak lama ini. Jangan sampai kita lalaikan. Bahkan kita mengingatkan juga sekolah-sekolah lain yang belum membangun website sekolahnya, ayo segera dibuat websitenya. Di wadah ini kita (warga sekolah) bisa berkarya untuk memajukan sekolah.***

Share
 

Login Form



User Menu


You are here: Home