REMAJA

E-mail Print PDF

KARYA  :  DAMAI SARA

KELAS   : XII IPS 1

Assalamu’alikum…

Selamat beraktifitas untuk sobat semuanya. Semoga apapun yang dikerjakan selalu berkah dan dalam lindungan Allah SWT dimana pun kalian berada.

Postingan saya kali ini akan membahas mengenai seputar REMAJA, dan artikel ini akan saya beri judul yaitu :

PEDULI REMAJA……

Oke, disini kita akan membahas mengenai REMAJA.

 

REMAJA adalah proses dimana terjadinya peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 11 tahun s/d 21 tahun. Pada masa ini, banyak perubahan yang terjadi pada fisik dan juga tingkah laku mereka.

 

Namun, disini saya tidak membahas mengenai apa itu REMAJA? Akan tetapi, saya akan membahas tentang hobi remaja yang suka berkumpul. Berkumpul dalam istilah kerennya “nongkrong”. Kata “nongkrong” ini sering diucapkan para remaja ketika mereka ingin berkumpul. Biasanya, kegiatan “nongkrong” itu sendiri akan dilakukan disuatu tempat seperti café, mall, gedung khusus tempat berkumpul, tempat wisata, dll.

“Nongkrong “ sangat berpengaruh pada kehidupan sosial REMAJA. karena dengan mereka “nongkrong” secara otomatis mereka akan banyak mendapatkan berbagai macam informasi yang ada. Selain itu kegiatan “nongkrong” juga dapat dijadikan debagai hiburan disela-sela waktu yang sibuk.

Kegiatan “nongkrong” sangat disenangi hampir seluruh kaum masyarakat terutama remaja. Akan tetapi kegiatan “nongkrong”seringakali salah digunakan. Banyak hal negatif yang terjadi selama krgiatan “nongkrong” tersebut berlangsung. Sehingga banyak masyarakat berpendapat bahwa remaja yang “nongkrong” selalu melakukan hal negatif yang melanggar nilai dan norma dalama masyarakat.

Maka dari itu, perlu untuk mereka ubah persepsi masyarakat mengenai dampak “nongkrong” negatif menjadi positif. Misalnya saja, membentuk organisasi sosial yang menjunjung tinggi tingkat solidaritas. Bukankah itu akan merubah pandangan masyarakat? Banyak kegiatan positif yang bisa kita lakukan dalam kegiatan” nongkrong”. Hal ini bertujuan agar pribadi kita tidak terjerumus pada hal-hal yang merubah masa depan kita sendiri.

Banyak kegiatan remaja yang menyimpang yang bisa kita temui pada saat mereka berkumpul, seperti merokok, minum minuman keras, berjudi, hingga yang paling parahnya lagi menggunakan zat adiktif yang sangat berbahaya.  Sungguh sangat disayangkan apabila generasi muda berperilaku menyimpang. Apa yang akan terjadi pada negara kita jika penerusnya berperilaku tidak sesuai dengan norma yang ada. Hal ini akan membawa efek buruk pada masa yang akan datang.

Untuk itu, perlu diperhatikan pengaruh buruk maupun manfaat dari kegiatan “nongkrong” tersebut. Kita bisa lakukan kegiatan yang positif bersama teman-teman pada saat nongkrong berlangsung seperti :

  1. Melakukan kegiatan bakti sosial
  2. Belajar bersama teman-teman
  3. Memberi dan memperoleh informasi yang bermanfaat

Terkadang, dikarenakan sifat remaja yang tidak punya pendirian, dan emosi yang tidak stabil membuat mereka bertindak semena-mena. Hal itu menjadi kendala besar untuk mebendung diri mereka sendiri. Akan tetapi tindakan seperti itu bisa kita atasi sendiri dengan :

  • Mencipatakan kemauan yang tinggi untuk merubah diri menjadi lebih baik
  • Mencari teman yang bisa mengendalikan diri kita
  • Membentuk suasana lingkungan kita sesuai dengan kestabilan emosi
  • Memperdalam ilmu agama sesuai ajaran masing-masing

Ayoo! Mari kita mulai untuk memperhatikan masa-masa yang akan datang. Cipatakan kegiatan yang aktif dan produktif. Jadikan lingkungan sekitar sebagai tempat pembelajaran ilmu sosial.

Baiklah sobat web sekalian. Pesan tadi menutup postingan saya kali ini. Semoga kalian yang membaca senang dengan karya tulisan saya. Jika ada kesilapan mohon sarannya J

Wassalamu’alaikum……

Share
Last Updated ( Wednesday, 04 May 2016 07:48 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home