Menanti 'Pilihan Raya' Osis

E-mail Print PDF

DALAM beberapa hari ke depan, akan ada gawe besar oleh OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMA Negeri 3 Karimun. Setelah sukses melaksanakan Musywa (Musyawarah Siswa) pada 1 September 2015 lalu, OSIS akan mengadakan pemilihan pengurus OSIS masa bakti 2015/ 2016. Direncanakan kegiatan yang diberi nama Pilihan Raya Osis itu akan dilaksanakan pada hari Sabtu (12/09) yang akan datang.

Pemilihan Pengurus OSIS SMA Negeri 3 Karimun setiap tahun selalu jatuhnya pada bulan September. Mengingat masa bakti kepengurusan OSIS saat ini sudah akan berakhir pada September 2015 ini maka harus segera diadakan pilihan raya OSIS baru. Sesuai hasil Musywa beberapa waktu yang lalu itu, para pengurus MPK (Musyawarah Perwakilan Kelas) telah menyepakati membentuk panitia pemilihan pengurus OSIS baru.

Menurut salah seorang panitia, sejak keputusan Musyawa itu, proses pemilihan pengurus OSIS sudah mulai berjalan. Sepekan yang lalu adalah masa pencalonan bakal calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Sebagaimana sudah diputuskan pada Musywa itu bahwa sistem pemilihan pengurus OSIS tahun ini menggunakan sistem paket. Maksudnya, setiap paket bakal calon harus mengajukan dua orang nama sebagai kandidat.

Kedua orang itu harus ditetapkan salah satunya adalah sebagai calon ketua dan yang lainnya sebagai wakil ketua. Tambahan persyaratannya adalah bahwa bakal calon ketua harus dari kelas XI sementara bakal calon wakil ketua harus dari kelas X. "Tidak boleh dibalikkan," begitu kata Pembina OSIS, Pak Beny kepada pemberita website selkolah. Tidak dibenarkan juga sebagai ketua dan wakil ketua dari kelas akhir alias kelas XII.

Setelah pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua, nanti akan diseleksi dan pastikan segala persyaratannya terpenuhi. Jika semua syarat sudah sesuai ketentuan maka barulah ditetapkan bakal calon yang akan maju pada pilihan raya nanti.

Sebelum pemilihan nanti, panitia juga sudah menentukan hari penyampaian visi-misi oleh pasangan calon. Menurut rencana, penyampaian visi-misi oleh pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS akan dilaksanakan pada hari Rabu (09/09) lusa. Apel pagi Rabu yang biasanya dipakai untuk penyampaian motivasi oleh Kepala Sekolah/ Wakil Kepala Sekolah maka untuk Rabu nanti akan diisi dengan penyampaian visi-misi oleh bakal calon ketua/ wakil ketua OSIS.

Dari penyampaian visi-misi itu diharapkan seluruh siswa --termasuk guru dan pegawai-- mempunyai pilihan yang tepat yang akan diberikan suaranya pada pilihan raya itu nanti. Satu pasangan calon yang terpilih, akan diberi wewenang untuk menentukan kepengurusan OSIS lainnya. Jadi, jabatan seperti sekretaris, bendahara dan para seksi lainnya bersama anggota akan ditentukan oleh pasangan terpilih. Tentu saja bersama pengurus MPK dan Pembina OSIS.

Semoga segera terpilih jajaran kepngurusan OSIS periode 2015/ 2016 yang akabn menentukan aktivitas OSIS ke depannya. Pembina OSIS, Pak Beny dan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswan yang secara langsung terlibat dalam membina para siswa, semoga dapat memberikan pembinaan yang terbaik demi nama baik sekolah, SMA Negeri 3 Bertamadun.***

Share
Last Updated ( Tuesday, 08 September 2015 10:41 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home