Motivasi Pagi: Jadilah Siswa Berkarakter

E-mail Print PDF

SETIAP Rabu dan Sabtu, apel pagi dilaksanakan secara bersama (kelas X-XII) di halaman sekolah. Seperti biasa, guru akan memberikan pencerahan singkat berupa pemberian motivasi kepada warga sekolah, terutama untuk siswa. Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama dan akan terus dilaksanakan.

 

Pagi Sabtu (31/ 01) ini yang memberikan motivasi adalah Wakasek Kesiswaan, Ibu Desseriyani. Ibu Desi, begitu dia disapa, mengingatkan kembali pentingnya karakter diri. "Kalian harus memiliki karakter yang baik. Jadikanlah diri kalian sebagai siswa yang berkarakter, terutama karakter jujur dan disiplin," pinta Bu Desi di hadapan seluruh siswa yang ikut apel pagi.

Dia menambahkan bahwa kejujuran dan kedisiplinan itu adalah syarat utama untuk meraih kehidupan yang sukses. Sebagai orang yang bercita-cita tinggi dan sekarang adalah waktu untuk meraihnya, maka kunci-kunci sukses itu, salah satunya adalah kejujuran dan disiplin. Saya setuju dan kita semua tentu setuju kalau disiplin dan jujur akan sangat mempengaruhi langkah-langkah seseorang dalam meraih sukses.

Tidak mungkin akan sukses jika tidak disiplin. Ini benar adanya. Disiplin akan mengarahkan kita untuk berbuat dan bertindak sesuai waktu, tempat dan aturan yang berlaku. Bayangkan jika kita tidak patuh pada waktu, tentu saja kita akan tertinggal. Akan tergiling oleh waktu itu. Bayangkan pula jika kita tidak patuh pada tempat di mana seharusnya kita melakukan sesuatu. Tentu saja akan terjadi kekacauan karena saling bentrok dengan tempat yang sudah menjadi milik atau tempat orang lain. Begitu juga jika kita tidak patuh pada aturan, jelas akan membuat segala usaha kita akan gagal total karena manual pekerjaan itu tidak sesuai ketentuan. Jelas ini akan merugikan.

Jadi, pentingnya siswa berkarakter jujur dan disiplin selain karakter lainnya, karena karakter itu akan menentukan jalan keberhasilan yang tengah dijalankan. Jangan pernah tergoda untuk melawan aturan. Setiap perbuatan yang bertentangan dengan aturan, cepat atau lambat pasti akan mengalami kegagalan. Maska jadilah siswa yang berkarakter. Insyaallah akan sukses, kelak.***

Share
Last Updated ( Thursday, 19 March 2015 14:08 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home