Optimislah untuk Berubah

E-mail Print PDF

MOTIVASI PAGI:
"SETIAP manusia bersalah; sebaik-baik kesalahan adalah yang mau berubah (tobat)" itu pernyataan dalam agama (Islam) yang meyakinkan umat bahwa memang tidak ada orang di dunia ini yang tidak bersalah. Semua orang bersalah atau berpotensi untuk melakukan kesalahan. Kecil atau besar kadar kesalahannya, tergantung orangnya.

Pernyataan yang dikutip dari makna hadits itu meyakinkan kita bahwa kita memang tidaklah manusia suci. Kesalahan dan kekliruan tidak mungkin nol dalam kehidupan kita. Namun nabi sekaligus menjelaskan bahwa kesalahan itu dapat menjadi baik bagi kita jika kesalahan itu dijadikan patokan untuk berubah. Berubah dari kesalahan menjadi tidak lagi berbuat salah. Inilah yang disebut dengan tobat.

Tobat adalah sikap menyadari dan menyesali kesalahan atau kekeliruan dengan diikuti tindakan dan perbuatan untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan itu. Sikap dan tindakan inipun haruslah dilakukan dengan bersungguh-sungguh. Bukan dengan setengah hati.

Karena setiap orang dapat berubah dari kesalahan dan kekeliruannya ke jalan yang baik dan benar maka itu berarti kita harus yakin bahwa kita dapat berubah menjadi baik setelah terlanjur berbuat tidak baik. Keyakinan ini akan menimbulkan rasa optimis kita bahwa tidak ada kesalahan yang tidak akan diampuni Tuhan. Tidak ada juga kesalahan yang tidak bisa berubah menjadi kebaikan selama kita mau melaksanakan.

Sikap optimis untuk berubah sangat diperlukan dalam kehidupan. Keinginan untuk menjadi lebih baik, lebih sukses atau lebih hebat dalam menjalankan hidup dan kehidupan adalah sesuatu yang wajar. Tapi keinginan itu tidak akan mudah mewujudkan jika kita tidak yakin bahwa kita bisa menjadi lebih baik. Maka diperlukan sikap optimistis tersebut.

Jadi, yakinlah bahwa setiap kita bisa berubah menjadi baik jika kita benar-benar mau mengubahnya. Jangan ragu apalagi malu untuk berubah. Apapun yang kita mau, sesungguhnya tergantung kepada kita juga. Kata peribahasa kita, "Dimana ada kemauan, di situ ada jalan." Artinya tetap akan bisa selama kita ada usaha. Semoga!***

Share
Last Updated ( Wednesday, 21 January 2015 08:38 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home