3 KOMPONEN DALAM PENDIDIKAN

E-mail Print PDF

Setiap pagi rabu, SMA Negeri 3 Karimun selalu mengadakan apel. Seperti juga pagi ini ( 19/11 ), seluruh siswa dan majelis guru dikumpulkan di lapangan untuk apel pagi. dan juga seperti biasanya ada motivasi, informasi dan nasihat dari Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Karimun, Bapak H. M. Rasyid Nur, MM.

Pada amanatnya, beliau menyampaikan bahwa Menteri Pendidikan, Bapak Prof. Dr. Anies Baswedan menyatakan bahwa pendidikan sekarang ini terdiri dari 3 komponen penting yang harus dipersiapkan untuk generasi muda yaitu

1. Integritas

Siswa sekarang ini harus dididik agar memiliki integritas. Integritas seorang pelajar adalah belajar untuk jujur pada diri sendiri dan jujur pada lingkungannya.

 

2. Kewirausahaan

Siswa harus dididik agar memiliki jiwa kewirausahaan. Sebab, jiwa kewirausahaan akan menjadikan murid melihat kesulitan sebagai kesempatan. Menurut Anies Baswedan bahwa "Orang yang mempunyai jiwa usaha adalah orang yang selalu optimistis,". Menurut Kepala Sekolah, siswa SMA  Negeri 3 Karimun haruslah mulai dari sekarang belajar untuk menyisihkan uang saku ( menabung ), sehingga bisa dipergunakan untuk masa depan.

 

3. Komunikasi

Siswa harus diberi bekal agar mempunyai kemampuan komunikasi yang tinggi. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik maka susah menghadapi masa depan. Menurut Kepala Sekolah, makanya sekolah berharap siswa SMA Negeri 3 Karimun dapat belajar bahasa inggris dan bahasa Indonesia dengan sebaik-baiknya sehingga bisa digunakan ketika terjun ke masyarakat.

Semoga siswa SMA Negeri 3 Karimun bisa memiliki 3 kompinen penting ini, agar siap menghadapi masa depan.

 

Share
 

Login Form



User Menu


You are here: Home