Pembukaan Pesantren Kilat

E-mail Print PDF

Pagi Selasa, 25 Agustus 2009 bertempat di halaman upacara SMA Negeri 3 Karimun berlangsung acara Pembukaan Pesantren Kilat yang diselenggarakan oleh OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMANTIKA (SMA Negeri 3 Karimun). Kegiatan Pesantren Kilat dalam rangka mengamalkan nilai-nilai ramadhan 1430 H itu, diikuti seluruh siswa-siswi SMANTIKA dan dibuka langsung oleh Kepala SMANTIKA, HM. Rasyid Nur, MM.

Acara ini akan berlangsung selama 3 hari dengan narasumber dari para guru SMANTIKA sendiri. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya di bulan suci Ramadhan ini diharapkan akan berpengaruh positif kepada para siswa SMANTIKA. Kepala SMANTIKA dalam sambutannya saat membuka secara resmi mengingatkan kepada siswa-siswi untuk melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat ini dengan sepenuh hati dan hikmat sehingga dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan dalam bersikap dan berprilaku di dalam bulan yang penuh hikmah ini. Disamping itu juga Kepala Sekolah juga mengingatkan untuk menjaga sikap dan prilaku yang baik dan santun selama bulan puasa baik itu di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

Kegiatan Pesantren kilat ini dilanjutkan di Musholla SMA Negeri 3 dengan acara ceramah agama yang disampaikan oleh Bapak Bambang Wijatmoko, salah satu guru SMA Negeri 3 Karimun, tujuannya adalah untuk memberi siraman rohani kepada siswa-siswi. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan barakah, bulan dimana segala kebaikan yang banyak terdapat di sana, banyak sekali ayat-ayat yang tegas dan jelas dalam Al-Qur’an yang memberikan anjuran untuk melaksanakan puasa sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah dan juga Allah ta’ala telah menjelaskan keutamaan-keutamaannya. 

Adapun intisari ceramah yang disampaikan oleh Bapak Bambang Wijatmoko diantaranya adalah :

1.      Puasa Merupakan Perisai Bagi Seorang Muslim

2.      Puasa Bisa Memasukkan Seorang Hamba ke Dalam Surga

3.      Pahala Orang yang Berpuasa Tidak Terbatas, Bau Mulutnya Lebih Wangi Daripada Wangi Kesturi dan Ia Memiliki Dua Kebahagiaan

4.      Puasa Sebagai Kaffarat (Penebus Dosa yang Pernah Dilakukan)

Hari kedua dan ketiga (Rabu dan Kamis) para santri akan mengikuti kegiatan lainnya sesuai jadwal yang sudah disusun panitia Pesantren Kilat SMA Negeri 3 Karimun tahun 2009 ini. (Tajuddin)

Share
Last Updated ( Thursday, 27 August 2009 10:17 )  

Login Form



User Menu


You are here: Home